Friday, February 9, 2018

Rumah Kaktus di Bali

Rumah Kaktus Kebun Raya Bedugul
Rumah Kaktus Kebun Raya Bedugul
Rumah Kaktus di Bali - Selain terkenal dengan keindahan alamnya seperti pantai, pesawahan dan perbukitan, ternyata pulau Bali memiliki wisata alam buatan. Wisata buatan tersebut berupa rumah kaktus yang berlokasi di Kebun Raya Bedugul, Kabupaten Tabanan. Sekitar 2 jam perjalanan dari Denpasar.
Gede dan Panjang yaa
Besar dan Panjang yaa
Rumah yang cukup luas ini berdinding kaca dengan atap kaca juga. Hal ini dikarenakan iklim tumbuh untuk kaktus yang memerlukan suhu panas. Sedangkan suhu di Bedugul cenderung dingin. Hal ini sangat bagus untuk pertumbuhan kaktus. Di habitat aslinya, pertumbuhan kaktus akan optimal apabila saat siang hari panas, sedangkan malam hari dingin. Saya kutip dari tipspetani.blogspot.co.id, suhu yang cocok agar si Kaktus mau berbunga adalah 33oC - 35oC pada siang hari dan 22oC pada malam hari. Untuk penyinaran dianjurkan untuk tidak menjemur kaktus secara langsung. Penyinaran yang baik untuk pembungaan adalah 5-12 jam/hari. 

Rumah kaktus di Kebun Raya Bedugul ini memiliki sekitar 68 jenis kaktus (tempatwisatadibali.id). Salah satu jenis yang paling mencolok adalah kaktus jenis Echinocactus grusonii atau yang biasa disebut Golden Barrel. Ukurannya amat besar. Mungkin sebesar bola basket. Jumlah Golden Barrel di rumah kaktus ini cukup banyak, sehingga enak untuk menjadi spot foto. Jenis-jenis lain juga ada seperti Cereus, beberapa sukulen, ephorbia dan aloe. Cukup lengkap untuk awal mempelajari habitat kaktus.
Ephorbia
Golden Barrel
Golden Barrel
Untuk menikmati Rumah Kaktus ini cukup membayar tiket masuk ke Kebun Raya Bedugul saja. Dengan begitu anda sudah dapat menikmati seluruh isi dari Kebun Raya Bedugul. Tapi tetap diingat, jangan merusak dan buang sampah sembarangan ya.

No comments:

Post a Comment