Thursday, February 8, 2018

Astrophytum myriostigma nudum Four Ribs

Cara menghitung ribs

Astrophytum myriostigma nudum Four Ribs - Dalam dunia kaktus, jumlah ribs akan menjadi daya tarik para kolektor. Walaupun jenisnya sama, namun jika jumlah ribs nya unik, maka harganya pun berbeda. Ribs sendiri kalau diterjemahkan ke bahasa Indonesia berarti tulang iga. Jika pada kaktus, ribs berarti jumlah lipatan kaktus yang melintang dari ujung bawah sampai ujung atas (seperti tulang iga). 

Ribs unik pun akan dihargai berbeda oleh para kolektor. Jumlah ribs umum pada kaktus jenis Gymnocalycium berjumlah 8. Jika kurang atau lebih dari 8, bisa dikategorikan unik. Sekarang tinggal tergantung kesenangan angka si Kolektor. Saya sendiri menyukai angka 4. Tentunya saya akan mencari kaktus dengan ribs 4. Namun sampai saat ini, kaktus jenis Gymno belum pernah saya temui yang memiliki 4 ribs. So, saya pindah saja tujuannya ke Astrophytum

Astrophytum myriostigma nudum four ribs ini adalah kaktus dengan 4 ribs pertama yang saya miliki. Walaupun agak sedikit cacat karena muncul ribs tambahan yang kurang sempurna, tetap saja tampak seperti memiliki 4 ribs dan membuat Astro ini menjadi maskot di koleksi saya. Diameter kaktus ini masih terbilang kecil. Sekitar 3 cm dengan tinggi 4 cm. 
Tampak Depan (kiri)
Tampak Atas (kiri)

Karena kesukaan saya dengan nomor 4 lah akhirnya saya memberi nama blog ini Four Ribs Garden. Dimana angka 4 saya percayai membawa keberuntungan layaknya semanggi dengan daun 4. Kaktus dengan ribs 4 akan membawa keberuntungan juga.

No comments:

Post a Comment