Friday, November 23, 2018

Cara Membuat Kaktus jadi Double Head

Cara Membuat Kaktus jadi Double Head
Cara Membuat Kaktus jadi Double Head
Cara Membuat Kaktus jadi Double Head - Forma dari kaktus amat banyak. Ada forma double head, triple head, multi head, kristata dan montrose. Karena forma ini terjadi secara alami, kaktus dengan forma seperti diatas memiliki nilai jual yang lebih daripada forma biasa. Mungkin beberapa forma bisa dibuat oleh tangan manusia, seperti double head. Berawal dari iseng menanam bonggol kaktus jenis Astrophytum myriostigma yang saya grafting, munculah dua kepala baru dari mata tunas bonggol tersebut. Kondisi ini menjadikan kaktus ini terlihat seperti double head.

Awal mulanya saya hanya menggrafting astro ini seperti biasa. Karena iseng ingin mencoba dan info dari beberapa teman bahwa bonggol bekas grafting masih bisa ditanam, saya memotong graftingan agak lebih keatas agar mendapatkan bonggol yang lumayan besar. Setelah grafting selesai, bonggol saya tanam kembali. Sebagai catatan, bekas luka bonggol tidak boleh terkena air untuk menghindari kebusukan.

Tunas Baru
Tunas Baru
Selang beberapa hari, bonggol masih segar dan luka sudah mulai mengering. Menunjukkan bahwa bonggol masih bisa bertahan dan siap melanjutkan hidup. Satu bulan kemudian tunas baru mulai muncul. Hanya satu tunas yang terlihat dari mata tunasnya. Tepat 7 Oktober saya melihat satu tunas lagi muncul dari ribs yang bersebrangan. Disinilah mulai kaktus ini menunjukkan potensi forma double head buatan. 
Proses Grafting
Proses Grafting
Forma makin nyata dan tampaknya tidak ada tanda-tanda kemunculan tunas baru, akhirnya saya grafting untuk mempercepat pertumbuhannya dan menjadikannya Astrophytum myriostigma double head. Sekali lagi, ini bukanlah asli double head bawaan gen, melainkan double head hasil dari keisengan tangan saya. Jadi apabila disilangkan, gen tetaplah forma biasa.

Keuntungan dari kejadian ini adalah dari satu Astrophytum, saya mendapatkan 1 Astro grafting dengan forma normal dan 1 Astro grafting dengan forma double head. Jadi untuk yang ingin grafting Astro, jangan dibuang yah bonggolnya. Siapa tau bisa tumbuh tunas baru dan bisa mendapatkan forma yang bagus.

Semoga post ini bermanfaat dan menjadi inspirasi bagi teman-teman pecinta kaktus. 

No comments:

Post a Comment