Wednesday, February 20, 2019

Kaktus dengan Bunga Terbanyak

Kaktus dengan Bunga Terbanyak
Kaktus dengan Bunga Terbanyak
Kaktus dengan Bunga Terbanyak - Sekali lagi saya membuktikan bahwa kaktus merupakan tanaman yang unik. Saya pikir kaktus dengan bunga yang banyak hanya ada di internet dan sama sekali tidak pernah terbayang akan terjadi di kebun milik saya. Kejutan itu datang dari kaktus dengan jenis Gymnocalycium dengan nama mooncactus atau sering disebut kaktus import.

Kaktus gymno dengan warna kuning menyala ini memiliki bunga dengan jumlah 8 bunga dan mekar bersamaan. Hal lain yang membuat unik adalah ukuran dari kaktus ini hanya 1,5 cm. Seperti yang tampak pada foto, bunganya lebih besar daripada kaktusnya. Munculnya bunga pada kaktus dengan diameter kecil seperti ini mungkin saja terjadi pada kaktus grafting, namun dengan kemunculan 8 bunga membuat kaktus graftingan ini menjadi unik. Ini akan membuat saya makin penasaran dengan metode grafting pada kaktus karena dapat memberikan efek yang baik bagi si kaktus itu sendiri.
Diameter kaktus
Diameter kaktus
Perlu diketahui, saya belum menggunakan pupuk kimia tambahan untuk kaktus ini. Sebelumnya saya pernah membuat post tentang "Kapan ya Kaktusku Bisa Berbunga?". Dalam post itu saya membahas tentang kaktus yang berbunga saat masih kecil. Mungkin beberapa dugaan saya pada post itu ada benarnya karena kaktus dengan bunga terbanyak di kebun saya ini berada di green house yang sama.

Lantas apakah keuntungan dari bunga ini? Bunga kaktus terkenal sangat susah muncul apalagi jenis-jenis yang langka. Namun sekalinya berbunga, para kolektor akan menantikan bunga itu bertransformasi menjadi buah melalui proses polinasi atau perkawinan bunga. Tentang polinasi akan saya bahan di kesempatan lain. Karena saat ini presentase keberhasilan saya dalam polinasi bungan kaktus masih kecil sekali. Jadi saya harus lebih banyak belajar untuk bisa menjelaskan tentang polinasi bunga kaktus. Walaupun demikian, kaktus dengan bunga terbanyak di kebun saya ini menjadi asupan nutrisi bagi batin saya. Saya tidak tega untuk mempolinasi bunga ini. Biarkan saja serangga melakukan tugasnya.
Bunga dari atas
Bunga dari atas
Sekian post saya mengenai Kaktus dengan Bunga Terbanyak. Untuk tips bisa dibaca pada post "Kapan ya Kaktusku Bisa Berbunga?". Semoga bisa bermanfaat bagi teman-teman pecinta kaktus dimanapun anda berada. Terima kasih

No comments:

Post a Comment