Thursday, September 20, 2018

Kaktus Gymno mihanovichii Lokal

Kaktus Gymno Mihanovichii Lokal
Kaktus Gymno mihanovichii Lokal
Kaktus Gymno mihanovichii Lokal - Salah satu mother plant di Four Ribs Garden adalah jenis Gymnocalycium mihanovichii Lokal. Jenis ini sangat menjadi primadona dalam dunia perkaktusan dan sering menjadi incaran para kolektor kaktus. Gymno jenis ini juga sering diperlombankan dan jenis yang sering diexport terumata ke Vietnam. 

Pada dasarnya, Gymnocalycium mihanovichii Lokal bukan kaktus asli Indonesia. Menurut salah satu penghobi kaktus dan juga admin di grup Indonesian Cactus, Gymnocalycium mihanovichii asalnya dari Jepang yang kebetulan menjadi bagus di Indonesia setelah beberapa kali persilangan. Namun ada juga beberapa yang bilang kalau ini Gymno mihanovichii Indonesian Clone. Akan tetapi banyak juga yang menyanksikan pemberian embel-embel "Indonesian Clone" tersebut. 

Menurut saya, daya tarik dari Gymno jenis ini terletak di kulitnya yang tebal. Kulit yang tebal ini memiliki kelebihan dalam daya tahan kaktus dari serangan hama atau cuaca extreme. Selain itu, kulit yang tebal memberikan warna kaktus yang lebih solid ketimbang kaktus Gymno dengan kulit tipis. Sehingga warna dari kaktus terlihat jelas. Daya tarik lainnya terletak pada kapasnya yang tebal sehingga memberikan kesan mewah pada kaktus jenis ini. 

Sinar matahari merupakan faktor penting dalam pertumbuhan kaktus Gymno Mihanovichii. Selain untuk pertumbuhan, sinar matahari juga menentukan warna dari kaktus ini. Namun perlu diperhatikan bahwa sinar matahari yang bagus adalah dengan naungan paranet atau plastik UV untuk menghindarikan kaktus dari kisut. Foto dibawah menunjukkan perubahan warna dari rawatan Four Ribs Garden.

Foto tanggal 16 Meret 2018
Foto tanggal 16 Meret 2018
Foto terbaru tanggal 16 September 2018
Foto terbaru tanggal 16 September 2018
Terlihat perbedaan dari segi warna dalam 6 bulan di Green House Four Ribs Garden. Mulai muncul banyak anakan yang dominan berwarna orange kemerahan. Menunjukkan bahwa sinar matahari dan panas yang didapat cukup bagus. Semoga Gymnocalycium mihanovichii Lokal ini dapat menjadi mother plant di Four Ribs Garden yang menghasilkan bibit-bibit dengan warna yang bagus. 

-NB: Apabila ada kesalahan informasi, mohon maaf dan mohon perbaikannya-

2 comments:

  1. halo ka..apa lukanya bisa hilang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lukanya permanen kak. Tapi akan semakin kebawah dan tidak tampak lagi jika sudah besar

      Delete