Monday, September 3, 2018

Alasan Kaktus Grafting Lebih Menggoda [Opinion Alert]

Alasan Kaktus Grafting Lebih Menggoda [Opinion Alert]
Alasan Kaktus Grafting Lebih Menggoda [Opinion Alert]
Alasan Kaktus Grafting Lebih Menggoda - Setiap orang memiliki selera masing-masing. Sama halnya seperti memilih pasangan, dalam dunia kaktus pun ada beberapa pilihan yang masuk ke selera masing-masing. Ada yang suka ownroot, suka grafting, suka seedling, suka cluster, suka kristata dan masih banyak lagi forma-forma dari kaktus yang memiliki fans club masing-masing. Kalau saya sendiri suka pada forma grafting. Kenapa?

Grafting merupakan salah satu teknik perbanyakan kaktus yang paling umum dilakukan. Prinsip dari grafting adalah menyambungkan dua jenis kaktus untuk menunjang hidup kaktus yang menjadi scion. Biasanya grafting bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan scion dan mempercepat keluarnya anakan dan bunga untuk perkembang biakan. Semakin berkembangnya zaman, grafting bukan hanya sekedar teknik perbanyakan kaktus melainkan menjadi "Style" yang banyak dikoleksi penghobi. Termasuk saya sendiri kecanduan style dari grafting. Alasannya.....

1. Pertumbuhan dan Perkembangan Lebih Cepat. Karena disokong oleh rootstock, pertumbuhan scion akan lebih cepat besar. Bukan hanya itu, perkembang biakannya pun lebih cepat muncul. Seperti muncul anakan serta bunga. Oleh karena itu kaktus grafting lebih cocok dijadikan sebagai indukan. Biasanya pemilihan rootstock akan mempengaruhi kecepatan pertumbuhan dan perkembangan kaktus.
Cereus kristata
Cereus kristata
2. Ketahanan Kaktus menjadi Lebih Baik. Banyak yang bilang bahwa kaktus ownroot lebih kuat dan tahan terhadap kondisi kelebihan air. Sebenarnya bagi saya mau ownroot atau grafting sama saja. Namun keunggulan grafting adalah lebih mudah terdeteksi apabilan kaktus menunjukkan tanda-tanda kebusukan. Karena scion bisa kita pantau dari semua bagian. Dan apabila yang busuk adalah rootstock, kita bisa segera antisipasi dengan memotong bagian yang busuk sebelum virus/bakteri naik ke scion. Dengan faktor ini, ketahanan kaktus akan bisa jaga lebih baik.
Memudahkan cek tanda-tanda kebusukan
Memudahkan cek tanda-tanda kebusukan
3. Anti Hama Tikus. Sama seperti tanaman lain, kaktus juga memiliki hama. Tikus adalah salah satunya. Grafting dapat menyelamatkan kaktus anda dari gigitan tikus. Karena tikus akan kesulitan menjangkau kaktus scion. Dimana scion adalah batang atas yang kita utamakan. Apabila tikusnya tetap memaksa, dia akan terkena duri rootstock atau hanya memakan rootstock. Sehingga tidak merusak scion.
Hama tikus makan kaktus
Hama tikus makan kaktus
4. Terlihat Rapi dan Sexy. Rapi adalah nilai lebih dalam mengelola green house yang berisikan kaktus. Karena kaktus akan terlihat menarik apabila rapi dan tertata. Dengan grafting kita bisa mengatur ketinggian kaktus agar sama tinggi. Serta kita bisa menggunakan pot dengan ukuran yang sesuai dengan rootstock saja walaupun scion lebih besar dibandingkan rootstock. Nilai plus nya adalah dapat menghemat tempat. Untuk sexy, saya lebih memilih untuk menganalogikan saja. Sebagai pria, bukankah wanita yang langsing terlihat lebih menarik???
Lebih rapi dan sexy
Lebih rapi dan sexy
5. Gardener Terlihat Lebih Pintar. Yang ini terkesan sombong tapi menyenangkan. Bagi orang awam, kaktus dengan forma grafting adalah sebuah keanehan. Apabila kita bisa melakukan yang tidak banyak orang bisa lakukan, kita akan terlihat lebih pintar. Padahal sih, engga juga. Menyenangkannya adalah kita bisa berbagi ilmu ke teman-teman yang ingin belajar grafting dan tau seluk beluk grafting serta perawatannya.
Berani mencoba grafting diameter besar
Berani mencoba grafting diameter besar
Kira-kira begitulah gambarannya kenapa saya suka kaktus dengan forma grafting. Ini hanya pendapat pribadi saya saja dan dari kacamata saya. Bagi kebanyakan penghobi, kaktus grafting memiliki harga lebih murah ketimbang ownroot karena cepat besar. Jadi nilai usaha dari ownroot yang membuat harga ownroot lebih mahal. Semua kembali ke selera penghobi untuk memilih forma mana yang menjadi fokusnya dan kesukaannya.

No comments:

Post a Comment