Thursday, January 3, 2019

Kapan ya Kaktusku Bisa Berbunga?

Kapan ya Kaktusku Bisa Berbunga? - Hallo teman-teman kaktuser. Sebelum masuk ke inti post, saya mengucapkan Selamat Tahun Baru 2019. Semoga apa yang diresolusikan di tahun ini segera terwujud dan membawa kebahagiaan. Untuk mengawali tahun baru, post kali ini mengisahkan seekor kaktus kecil nan mungil yang sudah beranjak puber. Kenapa saya sebut puber? Karena walaupun kecil fisiknya, dia sudah mulai berbunga. Tak percaya? Saya pun awalnya tak percaya. Tapi dibawah ini adalah penampakan kaktus kecil tersebut.

Kapan ya Kaktusku Bisa Berbunga?
Kapan ya Kaktusku Bisa Berbunga?
Yang menjadi pertanyaan, "Sebenarnya apa sih yang menyebabkan kaktus itu berbunga? Padahal kaktus saya sudah besar dan tua loh umurnya. Gemuk lagi. Tapi belum tumbuh bunga". Saya pun awalnya sering menggerutu seperti itu karena kaktus saya yang sudah lebih besar dan tua malah belum pernah berbunga. Setelah saya melihat kejadian kaktus kecil yang sudah berbunga ini, saya iseng-iseng menarik kesimpulan. Berikut isi kepala saya paparkan.

1. Bukan umur kaktus yang menentukan
Untuk umur kaktus diatas rata-rata baru 4 Bulan setelah grafting. Jadi belum ada setahun sudah muncul bunga. Padahal diameter pun belum sampai 2 cm. Kaktus yang saya pakai model disini hanya Gymno yaitu Gymno moon cactus atau sering disebut Gymno import. Mungkin saat ini kaktus untuk jenis Gymno sedang musim berbunga. Karena beberapa kaktus Gymno beberapa teman kaktuser di Bali pun sedang berbunga. Jadi bisa saya simpulkan, kalau kaktus umur kecilpun bisa berbunga pada musimnya berbunga.

2. Kondisi
Kondisi yang berubah juga berpengaruh. Untuk sekitar 3 bulan awal, kaktus-kaktus ini saya tempatkan di Greenhouse lama saya. Setelahnya saya tempatkan di Greenhouse baru saya. Oh ya, ngomong-ngomong, saya sudah merampungkan Greenhouse baru loh. Sedikit lebih besar dari yang sebelumnya. Nanti saya akan buat post untuk mereview Greenhouse baru serta Budget yang saya gunakan. Oke, Lanjut. Kondisi di Greenhouse baru ini jauh lebih "Ganas" dari Greenhouse lama saya. Karena posisinya mendapatkan sinar yang full dari pagi hingga sore. Selain itu, saya menggunakan plastik UV yang lebih tipis alias lebih murah namun saya tambahkan paranet agar saya tidak sakit kepala karena kepanasan. Kondisi yang cukup extreme ini mengakibatkan kaktus mendapat panas yang lebih daripada greenhouse sebelumnya. Panas sangat baik untuk pertumbuhan kaktus namun untuk beberapa jenis kaktus tidak tahan dengan direct sun.

3. Penyiraman
Kondisi tadi juga berpengaruh terhadap penyiraman. Penyiraman sebenarnya sama dengan biasanya saat di Greenhouse lama yaitu seminggu sekali. Namun panas yang lebih mengakibatkan air lebih cepat menguap dan media lebih cepat kering. Ini akan mengacu ke kondisi stres air. Saya mengutip di situs Bella Spina, stres air akan mengakibatkan dehidrasi pada kaktus yang akan memicu pertumbuhan bunga. Guru biologi saya juga pernah berkata, "Saat tanaman stres, dia akan melakukan perkembang biakan untuk melanjutkan keturunannya. Salah satu perkembang biakan itu melalui perkembang biakan generatif yaitu bunga. Sehingga dapat menghasilkan buah dan biji untuk melanjutkan keturunannya". Kurang lebih seperti itu. Jadi berdasarkan pengalaman saya juga, teori ini memang benar valid untuk diterapkan jika teman-teman kaktuser ingin kaktusnya berbunga. 

4. Dinginya Malam
Kaktus merupakan tanaman yang hidup pada kondisi extreme seperti gurun. Dimana gurun memiliki cuaca sangat panas di siang hari, sedangkan sangat dingin pada malam hari. Mungkin kondisi ini juga mempengaruhi bunga kaktus saya. Karena tempat yang baru ini lebih terbuka dan banyak ventilasi udaranya. Sehingga udara malam lebih terasa dingin. 

Selain 4 kesimpulan yang saya sebutkan, sebenarnya faktor untuk mempercepat pertumbuhan bunga bisa melalui pupuk. Namun saya sama sekali belum memberikan pupuk tambahan ke kaktus ini. Jadi jawabannya dari judul post ini adalah, kaktus kamu bisa berbunga kapan saja walaupun umur dan diameternya masih kecil. Yang terpenting adalah perawatan yang ikhlas dan dengan hati. Mungkin beberapa pemaparan saya ada yang kurang tepat. Sekali lagi ini berdasarkan pengalaman dan pendapat pribadi saja. Apabila ada koreksi, tulis di kolom komentar ya. 

Sekian post tentang Kapan ya Kaktusku Bisa Berbunga?. Semoga bisa berguna dan membantu teman-teman kaktuser. Terima kasih.

3 comments:

  1. wua..terjawab..terima kasih ka..sangat terbantu skali..jadi makin semangat lah sama si kaktus..aku malah baru naruh dekastar yg buat bunga..mudah2an bisa kaya punya kaka..😀keren...kecil2 uda berbungaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senang bisa berbagi. Semoga kaktusnya cepat berbunga ya kak :) Terima kasih

      Delete
    2. Sy sdh lama menjadi pecinta kaktus, sbnarx sy sdh punya koleksi yg yg byk tp sy tdk hiraukan krn sibuk dgn pekerjaan , akhirx msh ttp ada tp sdh menumpuk jdx unik jg kelihatan krn sdh menutupi potx.Akhirx aku tertarik lg nguerusin ktika kt byk libr krn covit, dan sy byk nonton youtb bgm merwat kaktus dan sdh byk jenisx yg lebih bgus dan ternyata ada kaktus yg berbunga sy baru lihat dan munkin ini ada jenisx yg berbunga dan sngat cantiq sekli.tks semoga ini yg akan menjdi pendorng sy utk menambah koleksi kaktus .salam pecinta kaktus.

      Delete