Sunday, December 9, 2018

Grafting Astro Seedling di Pereskiopsis

Grafting Astro Seedling di Pereskiopsis
Grafting Astro Seedling di Pereskiopsis
Grafting Astro Seedling di Pereskiopsis - Grafting selalu menarik untuk dibahas. Sebelumnya saya sudah pernah menggrafting Astro pada postingan sebelumnya (Cara Grafting Kaktus Menggunakan Pereskiopsis). Namun kali ini sedikit berbeda. Saya tetap akan menggrafting jenis Astrophytum asterias namun dengan seedling yang lebih kecil. Pada postingan Cara Grafting Kaktus Menggunakan Pereskiopsis, saya menggunakan Astrophytum asterias dan myriostigma dengan umur kurang lebih 6 bulan. Sedangkan pada post kali ini saya menggunakan seedling dengan umur sekitar 1 bulan. 

Cara graftingnya kurang lebih sama. Hanya saja letak perbedaannya scionnya yang amat kecil sehingga vascular ringnya pun sangat sulit dilihat. Ini menjadi masalah untuk peletakan scionnya. Sebenarnya dalam peletakan scion saya sedikit spekulasi. Pokoknya letakkan saja bagian tengah scion diatas vascular ring dari Pereskiopsis. Dengan begitu kemungkinan vascular ring keduanya bertemu semakin besar. 

Masalah bukan cuma disitu. Masalah kedua terjadi setelah scion menempel. Scion perlahan akan menciut dan terlihat kusut beberapa saat setelah grafting. Awalnya saya mengira ada kesalahan pada prosedur grafting saya. Namun saya biarkan saja untuk melihat kelanjutannya dan memindahkan graftingan ke tempat yang lebih teduh dan tidak terkena sinar matahari langsung. 

Keesokan harinya setelah saya cek ternyata bentuknya masih tetap kusut namun tidak menunjukkan tanda-tanda busuk atau kekeringan. Karena ini pengalaman pertama, saya hanya pasrah dan berusaha mencari tau celah untuk grafting seedling sekecil ini. Di youtube pun tidak ada yang menjelaskan sampai ke detail ini. 
Pertumbuhan grafting selama 11 Hari
Pertumbuhan grafting selama 11 Hari
Akhirnya setelah 11 hari (mulai grafting 30 Nov) yaitu tanggal 10 Desember 2018, scion tampak lebih segar dan kusutnya sudah mulai kencang kembali. Ini mungkin pertanda bahwa scion sudah pulih dan menempel dengan pereskiopsis dengan benar. Mungkin memang menjadi siklusnya untuk kusut terlebih dahulu karena untuk seedling umur 1 bulan memang harus mendapat kelembaban untuk tumbuh. Namun karena saya grafting, seedling sudah kontak langsung dengan kondisi luar sungkup. Mungkin itu penyebab kenapa kaktus seedling menjadi kusut setelah grafting Pereskiopsis.

Kira-kira begitulah pengalaman saya menggrafting seedling umur 1 bulan pada pereskiopsis. Jika ada yang sudah mencoba dan memiliki masukan untuk saya, boleh tulis di komentar yah. Semoga bermanfaat bagi teman-teman yang ingin mencoba Grafting Astro Seedling di Pereskiopsis.

2 comments:

  1. kalau seedling di grafting pakai buah naga/yg lain bisa juga apa tidak om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya belum pernah coba. Tapi saya pernah lihat postingan luar negeri kalau grafting seedling bisa menggunakan buah naga yang masih muda. Selain itu bisa pakai jenis opuntia juga. Semoga membantu :)

      Delete