Thursday, November 22, 2018

Cara Grafting Kaktus Menggunakan Pereskiopsis


Cara Grafting Kaktus Menggunakan Pereskiopsis
Cara Grafting Kaktus Menggunakan Pereskiopsis
Cara Grafting Kaktus Menggunakan Pereskiopsis - Akhirnya setelah mencoba beberapa kali dan hampir putus asa, saya berhasil menggrafting menggunakan Pereskiopsis sebagai Rootstock. Rootstock ini terkenal bandel untuk jangka waktu yang lama. Karena masih jarang yang menggunakannya, pereskiopsis layak menjadi koleksi bagi penggemar kaktus grafting.
Parodia spParodia sp

Pereskiopsis biasanya digunakan untuk grafting kaktus seedling yang ukurannya masih kecil. Namun ternyata bisa juga untuk grafting anakan yang dari potelan seperti jenis Parodia sp. Saya menggunakan Parodia karena anakannya kecil dan berbonggol seperti seedling. Cocok untuk digunakan untuk latihan grafting menggunakan Pereskiopsis. 

Cara grafting menggunakan Pereskiopsis secara garis besar sama seperti grafting menggunakan buah naga atau cereus. Bedanya adalah pada pereskiopsis Vascular ring nya sangat dekat dengan dinding sehingga jika scion terlalu besar, semakin besar pula luka yang terbuka. Selain itu, untuk merekatnya scion dan roostock saya menggunakan sistem tindih. 

Langkah-langkahnya adalah:
1. Alat-alat yang digunakan seperti pisau disterilisasi menggunakan alkohol 70%
2. Pereskiopsis yang telah disiapkan dipotong lurus dengan panjang sesuai keinginan.
3. Scion dipotong di bagian sedikit diatas bonggol lalu tempelkan scion pada rootstock dengan posisi vascular ring saling bertemu.
4. Tindih scion untuk merekatkan menggunakan pisau seperti gambar dibawah.
5. Bisa juga direkatkan menggunakan isolasi namun akan sedikit sulit apabila scion yang kita gunakan memiliki duri yang panjang-panjang.
6. Tindih selama seharian dan taruh di tempat yang teduh.

Kurang lebih begitulah langkah-langkah yang saya lakukan untuk menggrafting dengan pereskiopsis. Sebelumnya saya sudah pernah post, namun waktu itu gagal karena teknik dan pengalaman yang kurang memadai. Sekarang saya sudah mendapatkan celahnya dan siap untuk mencoba menggrafting lagi menggunakan pereskiopsis.

Terima kasih telah membaca post ini. Semoga berguna bagi teman-teman yang ingin mencoba grafting menggunakan Pereskiopsis

No comments:

Post a Comment