Monday, November 19, 2018

Tips Mengatasi Kaktus Grafting yang Busuk

Tips Mengatasi Kaktus Grafting yang Busuk
Tips Mengatasi Kaktus Grafting yang Busuk
Tips Mengatasi Kaktus Grafting yang Busuk - Masalah yang paling sering terjadi dalam memelihara kaktus adalah kebusukan. Banyak faktor penyebab kaktus dan sukulen menjadi busuk. Mungkin saja karena media dan lingkungannya lembab, mungkin terkena penyakit seperti kutu, atau bisa juga karena terdapat luka pada kaktus dan sukulen sehingga jamur bisa tumbuh. Tidak ada yang suka terhadap kondisi-kondisi seperti ini. Karena sangat sulit dideteksi dan apabila terlambat sedikit, kaktus dan sukulen akan langsung busuk total dalam satu malam saja.

Hal ini baru saja menimpa saya. Kaktus grafting saya busuk pada batang bawah. Kebetulan belum sampai busuk total, jadi masih bisa saya upayakan untuk penyelamatan. Berikut ini ciri-ciri kaktus yang mulai membusuk.

Tips Mengatasi Kaktus Grafting yang Busuk
(1) & (2) Sudah mulai terlihat memar kekuningan; (3) Terdapat luka dan jamur di bagian dasar rootstock
Dari gambar diatas, saya dapat deskripsikan bahwa dari tampak luarnya kaktus masih baik-baik saja. Namun jika diperhatikan bagian bawah rootstock nya tampak mulai kekuningan dan apabila ditekan sedikit terasa lembek. Setelah saya cabut, ternyata ada luka dan berjamur. Jamur inilah yang menyebabkan kebusukan dan apabila dibiarkan akan menyebar sampai Scion. 

Tips dari saya apabila teman-teman mengalami hal yang sama adalah dengan menghentikan laju pembusukan. Caranya dengan memotong bagian yang busuk sampai bersih dan tidak ada bekas busuk yang tersisa. Apabila masih tersisa sedikit saja, itu akan menjadi pemicu untuk memperluas daerah busuknya. Setelah bersih, diamkan kaktus ditempat yang kering kurang lebih selama 1 minggu sampai bekas potongannya benar-benar kering. Sebagai catatan, jangan sampai bekas luka terkena air agar tidak timbul kebusukan. Setelah benar-benar kering, kaktus siap ditanam dimedia. Pastikan medianya poros. Karena media yang tidak poros juga dapat mengundang jamur untuk tumbuh. 
Setelah dibersihkan dan siap dikeringkan
Contoh kaktus yang telah kering dan siap ditanam
Kemungkinan untuk berhasil tergantung dari kebersihan saat kita memotong bekas busuk. Pisau yang kita gunakan usahan disteril menggunakan alkohol terlebih dahulu. Post ini saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi. Apabila ada sesuatu yang perlu dikoreksi, tulis di komentar yah. 

Semoga post ini bermanfaat bagi teman-teman yang mengalami kaktus yang busuk. Terima kasih

2 comments:

  1. Rootstock buah naga umurnya tidak panjang, kemungkinan sekitar 2 tahun mulai lemah, kecuali cabangnya dibiarkan tumbuh tapi mengganggu performanya dan energy tumbuh terbagi.
    Btw..mantap Ananta.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya kurang lebih seperti itu. Nanti jika sudah tidak kuat lg, bisa saya exgraft. Thanks krisna :D

      Delete