Monday, November 5, 2018

Seberapa Cepat Kaktus Menjadi Besar? [Grafting]

Seberapa Cepat Kaktus Menjadi Besar? [Grafting]
Seberapa Cepat Kaktus Menjadi Besar? [Grafting]
Seberapa Cepat Kaktus Menjadi Besar? [Grafting] - Banyak yang sering bertanya kepada saya mengenai berapa lama sih kaktus tumbuh biar besar? Kaktus itu cepet besar atau gimana sih? Kalau mau ukuran segini, butuh waktu berapa lama? Dan tentunya masih banyak pertanyaan lain yang intinya adalah "Seberapa Cepat Kaktus Menjadi Besar?"

Berdasarkan pengalaman dari senior-senior perkaktusan Indonesia, rata-rata kaktus bertambah diameternya 1 cm/tahun untuk jenis Gymnocalycium Mihanovichii. Untuk beberapa jenis, pertumbuhan bisa lebih cepat. Namun kebanyakan, 1cm/tahun merupakan patokan kebanyakan penghobis kaktus. 

Saya sendiri tidak terlalu memperhatikan pertumbuhan kaktus saya. Yang terpenting pertumbuhannya jalan dan sehat. Namun karena saya suka dengan grafting, saya iseng untuk menggrafting kaktus jenis Astrophytum myriostigma nudum dengan rootstock Cereus sp. Astro yang saya gunakan ini berasal dari biji. Ada empat anakan Astro ini dan hanya satu yang saya grafting. Guna membandingkan kecepatan tumbuh dari Astro yang digrafting dengan yang tidak di grafting.

Hasilnya mengagumkan. Diameter Astro yang digrafting pada tanggal 26/8/2918 menjadi lebih besar setelah beberapa bulan. Jika dibandingkan dengan teman-temannya, pertumbuhannya pun lebih cepat dan terlihat pucuk sudah mulai jalan di tanggal 11/9/2018. Akhirnya pada tanggal 27/10/2018 diameter Astro ini sudah mulai terlihat bertambah sekitar 1 cm. Saya sudah membuktikan sendiri tujuan dari grafting. Yaitu mempercepat pertumbuhan. Setelah pertumbuhan cepat, perkembangan pun akan mengikuti sebagai calon indukan. Dimulai dari tumbuhnya bunga untuk perkembang biakan. Jadi Astro hasil graftingan ini akan saya plot menjadi indukan untuk menghasilkan biji-biji astro. 
Pertumbuhan kaktus Astrophytum setelah grafting
Pertumbuhan kaktus Astrophytum setelah grafting
Walaupun jenis yang saya gunakan adalah Astro nudum, selanjutnya saya akan mencoba untuk grafting Astro lain seperti Asterias, Ornatum atau Capricorn. Kesimpulannya, di dalam foto dokumentasi saya, perkembangan Astro yang saya grafting lebih cepat besar daripada yang tidak di grafting. Seberapa cepat? Kira-kira sudah bertambah 1 cm dalam waktu 2 bulan setelah grafting.

BONUS:
Graftingan Gymnocalycium mihanovichii hibotan cv. Nishiki yang di grafting pada diameter kurang dari 1 cm dan selang 2 bulan, diameter sudah lebih dari 1 cm.
Graftingan Gymnocalycium mihanovichii hibotan cv. Nishiki
Graftingan Gymnocalycium mihanovichii hibotan cv. Nishiki
Warning!
Post ini berisi opini pribadi dan semua foto diambil sendiri di 4Ribs Garden.

No comments:

Post a Comment