Thursday, November 29, 2018

Cara Memperbanyak Mammilaria elongata [Propagating]

Cara Memperbanyak Mammilaria elongata [Propagating]
Cara Memperbanyak Mammilaria elongata [Propagating]
Cara Memperbanyak Mammilaria elongata [Propagating] - Mammilaria merupakan kaktus yang mudah ditemukan di gerai-gerai tanaman. Karena harganya tergolong murah dan bentuknya lucu, Mammilaria menjadi kaktus favorit bagi orang-orang untuk dikoleksi ataupun dijadikan hadiah. Jenis Mammilaria yang akan saya bahas kali ini adalah Mammilaria elongata. Kebetulan saya memiliki satu pot yang sudah mulai muncul anakannya dan siap dipotel untuk diakarkan. 

Mammilaria elongata memang lebih bagus jika performnya cluster. Tapi karena saya kepo, jadi saya potel anakannya untuk diakarkan. Setelah beberapa minggu, akhirnya potelan Mammilaria elongata yang saya potel menunjukkan pertumbuhan akar. Cukup lama namun akar muncul dan duri baru pun mulai tumbuh.

Tidak ada perlakuan khusus seperti penambahan obat perangsang akar atau apapun yang saya gunakan. Kurang lebih begini langkah-langkah yang saya lakukan.

1. Siapkan pisau steril untuk memotong anakan Mammilaria elongata. Karena sepengalaman saya, agak sulit memotel anakannya. Bentuknya yang memanjang membuat saya ngeri untuk memotelnya. Takutnya patah. Serta kambium dari potelan kadang tertinggal di indukan cukup panjang (coba potel deh biar terbayang). Jadi saya memutuskan untuk memotong di bagian mata tunasnya.
Contoh potelan Mammilaria elongata
2. Setelah terpotel, keringkan dulu bekas lukanya sekitar seminggu. Cukup angin-anginkan saja untuk mengeringkan bekas lukanya.
3. Setelah kering, potelan siap ditanam pada media. Tanam sedikit bagian bawahnya agar potelan tidak roboh.
4. Kurang dari sebulan biasanya akar sudah muncul. Kecepatan tumbuhnya tergantung pada kondisi awal tanaman, media dan lingkungan. Jadi tidak bisa dipastikan secara tepat. Sabar saja~
Contoh potelan yang sudah berakar
Contoh potelan yang sudah berakar
(NB: berbeda potelan dengan contoh diatas)
Kira-kira begitulah langkah-langkah yang saya lakukan untuk mengakarkan potelan Mammilaria elongata. Sebenarnya saya juga sedang mencoba untuk menggrafting Mammilaria ini. Karena sangat jarang saya temui Mammilaria elongata grafting. Saya sudah mencobanya tapi belum terlihat hasilnya. Nanti akan saya share di post saya selanjutnya.

Terima kasih sudah membaca artikel mengenai Cara Memperbanyak Mammilaria elongata [Propagating]. Semoga bermanfaat untuk koleksi anda dirumah.

No comments:

Post a Comment