Wednesday, November 14, 2018

Pachypodium, "Kamboja Purba" yang Berduri

Pachypodium, "Kamboja Purba" yang Berduri
Pachypodium, "Kamboja Purba" yang Berduri
Pachypodium, "Kamboja Purba" yang Berduri - Four Ribs Garden baru saja kedatangan teman baru lagi. Namun kali ini bukan dari kalangan kaktus, melainkan dari jenis Pachypodium. Pachypodium ini memiliki ID Pachypodium horombense. Ini adalah Pachy pertama saya, jadi masih belum memahami banyak tentang Pachy. Setelah googling, ternyata Pachy termasuk tanaman purba loh.

Pachypodium horombense
Pachypodium horombense
Pachypodium merupakan tanaman endemik dari Pulau Madagaskar. Jadi sebenarnya tanaman ini tidak bisa tumbuh di daerah lain selain di Pulau Madagaskar karena disebut endemik. Tapi kenapa Pachy bisa hidup di daerah lain? Mungkin jawabannya ada pada kemampuan Pachy yaitu dapat berevolusi dan menyesuaikan diri pada habitat tumbuhnya. Sebenarnya Pachypodium termasuk tanaman purba yang tetap bisa hidup sampai sekarang. Ini menjadi bukti bahwa Pachy dapat berevolusi layaknya binatang sisa-sisa purbakala. 

Di Bali sendiri Pachy masih jarang ditemui. Kebanyakan memang yang memiliki Pachy adalah orang-orang yang hobby terhadap tanaman hias atau kolektor tanaman langka. Sangat jarang ditemui di toko-toko penjual tanaman. Jadi perlu banyak sekali pengenalan tanaman purba ini ke kalangan umum. Saya sendiri sudah mengenal Pachy sebelumnya, namun baru saja saya mendapatkan ini dari salah seorang teman sesama kolektor tanaman langka. 

Untuk perawatannya, Pachy tergolong tanaman yang tidak rewel. Berdasarkan pengalaman dari pemilik sebelumnya, penyiraman bisa dilakukan setiap hari asalkan akar sudah mapan dan media tanamnya poros. Bisa juga disiram beberapa hari sekali untuk mencegah kebusukan. Pemupukan cukup pakai dekastar komposisi neutral. Tak seperti kaktus yang rewel air hujan, Pachy masih lebih kuat terkenal hujan dan aman.

Hasil googling selanjutnya, ternyata Pachy bisa berbunga. Bunga Pachypodium mirip sekali dengan bunga Kamboja. Memang dari segi daun pun mirip dengan Kamboja, tapi saya baru tahu kemiripannya hingga ke tahap bunga. Pachy juga memiliki caudex yang membuatnya semakin mirip dengan Kamboja jepang (Adenium). 
Contoh bunga Pachy (Pict: Google Image)
Tanaman eksotis ini perlu sekali dilestarikan dan dijadikan salah satu koleksi di rumah. Saya sudah punya satu, kamu?

No comments:

Post a Comment