Sunday, October 7, 2018

Cara Membuat Timelapse Menggunakan Handphone

Cara Membuat Timelapse Menggunakan Handphone
Cara Membuat Timelapse Menggunakan Handphone
Cara Membuat Timelapse Menggunakan Handphone - Akhir-akhir ini saya lagi senang membuat timelapse untuk kaktus saya. Sebelumnya saya juga tidak tau teknik pembuatan video dengan percepatan gerakan ini namanya apa. Seperti di video tutorial yang ada di youtube. Mulailah googling untuk mendapatkan jawaban. Dengan keyword "Cara membuat video dipercepat". Munculah banyak pilihan aplikasi untuk membuat video ini. Jika video lambat disebut slowmotion, video yang mempercepat gerakan objek ini disebut Timelapse. Sebelumnya, apa sih penjelasan timelapse sebenarnya?
Timelapse adalah pengembangan dari bidang fotografi yang menjadikan sekumpulan foto yang diambil dalam periode tertentu menjadi sebuah klip video pendek. Periode pemotretan umunya berdurasi lama, bahkan sampai berjam-jam ataupun bahkan berhari-hari sedangkan timing pengambilan foto bisa dibuat berkala setiap beberapa detik hingga menit, tergantung kebutuhan. -Sumber: http://ilmuanteknik.blogspot.com-

Kalau menurut saya, perkembangan teknologi membuat sedikit perubahan dalam pengaplikasian timelapse. Sekarang sudah ada aplikasi yang membuat timelapse secara langsung tanpa proses mengumpulkan foto. Saya menggunakan vitur bawaan dari iPhone yaitu "Selang Waktu". Saya kurang tau berapa kali percepatan dari vitur bawaan iPhone, tapi vitur ini membuat saya puas. Karena percepatan yang saya inginkan sangat pas. Sebelumnya saya pernah menggunakan aplikasi Hyperlapse, namun kurang cepat untuk menangkap momen bunga kaktus saya mekar. Hyperlapse hanya menyediakan percepatan 12 kali. Ini berarti vitur bawaan iPhone lebih cepat daripada aplikasi lain.

Ini hasil dari timelapse menggunakan vitur Selang Waktu dari iPhone. Sekedar info, saya menggunakan iPhone 6 untuk merekam video ini. Membutuhkan waktu hingga 2 jam untuk menghasilkan video dengan durasi 24 detik. Jika dihitung, percepatan vitur Selang Waktu ini sekitar 300 kali percepatan. Jauh lebih cepat dari aplikasi lain.


Hal yang perlu dipersiapkan adalah Objek. Tujuan dari timelapse adalah mempercepat gerakan objek yang lambat. Jadi siapkan objek yang gerakannya lambat seperti yang saya gunakan adalah bunga kaktus. Yang kedua adalah handphone yang memadai dengan baterai yang full 100% agar tidak mati ditengah-tengah proses merekam. Catatan keras, aktifkan flight mode untuk mencegah gangguan dari telepon, sms, WA, BBM, Line dan notif-notif yang dapat menyebabkan proses perekaman terganggu. 

Selanjutnya rekam objek yang telah disiapkan. Pastikan handphone kamu stabil dan jangan sampai goyang-goyang. Kamu bisa menggunakan tripod atau Low Budget tripod. Low Budget tripod ada banyak sesuai kreatifitas kalian. Seperti saya dibawah ini adalah contoh tripod Low Budget saya (sebenarnya sih singlepod).

Dalam proses perekaman, handphone kamu akan mengalami panas karena stand by selama proses perekaman. Dalam kasus saya, panas semakin cepat karena perekaman dilakukan dalam greenhouse kaktus saya. Jadi lebih cepat panas dan pada iPhone kondisi ini dapat menyebabkan iPhone tidak bisa digunakan dalam beberapa waktu. Tapi tenang, ini hanya sementara. Setelah dingin, iPhone siap digunakan kembali.

Setelah selesai merekam, kita bisa melihat hasilnya dan video pun selesai. Tinggal edit-edit untuk penyempurnaan dan penambahan musik agar lebih asik. Dan video timelapse kamu selesai dan siap diupload di sosial mediamu.
Foto bareng model kaktusnya~
Sekian post tentang Cara Membuat Timelapse Menggunakan Handphone. Semoga bermanfaat bagi pemburu moment lambat.

Behind the Scene :
Single pod darurat ... hehe
Singlepod pengganti Tripod
Siap merekam!

No comments:

Post a Comment