Wednesday, January 9, 2019

Cara Menyelamatkan Kaktus Busuk dengan Grafting

Cara Menyelamatkan Kaktus Busuk dengan Grafting
Cara Menyelamatkan Kaktus Busuk dengan Grafting
Cara Menyelamatkan Kaktus Busuk dengan Grafting - Satu tahun yang lalu tepat di bulan Januari juga saya pernah membuat post mengenai "Astrophytumku busuk? diGrafting aja". Pada post itu saya membahas tentang kaktus Astro saya yang busuk dan kemudian saya grafting. Itu adalah Astro pertama saya yang berjenis Astrophytum asterias nudum. Namun dalam post itu, graftingan saya gagal dan mulai saat itu saya bertekad untuk mendalami grafting. Karena grafting sudah terbukti menjadi salah satu metode penyelamatan kaktus. Contohnya seperti dibawah ini.

Kaktus yang busuk dibawah ini berjenis Astrophytum myriostigma nudum. Busuk ini disebabkan karena media yang terlalu basah dalam waktu yang lama. Kondisi ini disebabkan karena kurang optimalnya sinar matahari yang didapat sehingga kelebihan air pada media lambat untuk menguap. Untungnya saya menyadari hal ini sebelum kebusukannya menjalar ke bagian vascular ring dan titik tumbuhnya. Jadi saat itu saya berasumsi kalau Kaktus ini bisa diselamatkan.

Akhirnya saya grafting kaktus busuk ini. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama, alat-alat yang kita gunakan harus steril dan apabila pisau menyentuh bagian busuk kaktus, segera steril kembali untuk meminimalisir resiko kebusukan kembali. Kedua, potong kaktus hingga warna kecoklatan tidak nampak. Contoh bisa dilihat pada gambar dibawah ini.
Langkah memotong kaktus busuk
Langkah memotong kaktus busuk
Untuk gambar (1) telah saya berikan tanda untuk memotong bagian yang busuk. Namun jarak tersebut masih kurang sehingga bercak coklat masih nampak seperti pada gambar (2). Perlu dilakukan pemotongan kembali sedikit demi sedikit. Tujuannya untuk mendapatkan potongan yang tidak terlalu berlebihan dan tidak memiliki bercak coklat seperti pada gambar (3). Setelah itu kaktus siap digrafting seperti biasa. Untuk teknik grafting Astrophytum bisa dibaca pada post ini Belajar Grafting Kaktus dengan Pohon Buah Naga dan Cara Grafting Kaktus Menggunakan Cereus.

Setelah dua minggu kemudian, kaktus ini terlihat sehat dan tanda-tanda busuk tidak nampak. Hal ini menunjukkan bahwa kaktus terselamatkan berkat grafting menggunakan batang buah naga ini. Inilah salah satu alasan kenapa saya menyukai dan ingin mendalami dunia grafting kaktus. Karena selain perbanyakan, grafting kaktus dapat menyelamatkan kaktus yang hampir mati. Sungguh sebuah kenikmatan apabilan kita bisa menyelamatkan kaktus yang hampir mati seperti kaktus saya ini.

Kaktus yang busuk sudah sehat kembali
Setelah dua minggu sejak grafting
Jadi, apabila kaktus teman-teman kaktuser mulai menunjukkan gejala-gejala kebusukan, segera ambil tindakan pencegahan dan pengobatan. Jika diperlukan, grafting merupakan solusi terakhir yang saya anjurkan untuk teman-teman kaktuser. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

No comments:

Post a Comment