Tuesday, January 8, 2019

Teknik Cutting Pucuk Sukulen Dua Jenis Haworthia

Teknik Cutting Pucuk Sukulen Dua Jenis Haworthia
Teknik Cutting Pucuk Sukulen Dua Jenis Haworthia
Teknik Cutting Pucuk Sukulen Dua Jenis Haworthia - Sukulen adalah tanaman yang mudah untuk diperbanyak. Mudah dalam artian banyak cara untuk memperbanyak sukulen. Sebelumnya saya pernah sharing mengenai Cara Memperbanyak Sukulen dengan Cara Cutting. Pada post tersebut saya menggunakan model Graptoveria tituban. Kali ini dengan metode yang sama, saya akan menggunakan Haworthia venossa tesellata dan Hawothia fasciata.

Dua jenis haworthia ini memiliki sedikit perbedaan. Perbedaan yang paling kentara adalah pertumbuhan pucuknya. Jika pucuk tesellata menyembur keluar, Haworthia fasciata atau yang sering dikenal haworthia zebra ini pertumbuhannya mengkuncup. Ini akan menjadi perbedaan saat pemotongan pucuk.

Untuk Haworthia venossa tesellata, kita cukup memutar pucuk di bagian yang kita inginkan. Seperti dipelintir di bagian yang kita inginkan. Karena struktur daun dari tesellata ini mirip seperti Aloe dan Sansevieria. Kebanyakan tanaman dengan struktur pucuk yang menyembur keluar akan memiliki pangkal yang panjang. Apabila kita potong menggunakan pisau, bagian pangkal daun akan memiliki luka yang besar. Serta jarak daun yang begitu dekat, akan menyulitkan kita untuk menemukan batang dari haworthia jenis ini. Maka dari itu saya sarankan untuk menggunakan teknik putar pelintir untuk memenggal pucuk Haworthia venossa tesellata.

Hawothia fasciata atau sukulen zebra ini memiliki struktur daun yang mengkuncup. Hal ini memudahkan kita untuk mencari batang utama dari haworthia jenis ini. Karena memiliki pangkal daun yang pendek dan jarak daun yang sedikit lebih renggang. Untuk jenis ini kita bisa memotong pucuknya menggunakan pisau. Hal yang perlu diperhatikan adalah berhati-hati terhadap daunnya yang mudah patah atau lepas. Serta pisau yang kita gunakan usahakan sudah disteril menggunakan alkohol 70%.
Struktur Haworthia
Kiri - Haworthia v. tesellata; Kanan - Haworthia fasciata
Haworthia memang unik dalam segi strukturnya. Karena menurut saya Haworthia bisa dibedakan menjadi dua berdasarkan struktur daunnya, yaitu Haworthia daun menyembur keluar dan daun mengkuncup. Karena itu saya ingin sharing Teknik Cutting Pucuk Sukulen Dua Jenis Haworthia.

Untuk jenis Haworthia retusa, memiliki keunikan tersendiri. Dimana untuk retusa pangkal daunnya mengkuncup, namun ujung daunnya menyembur keluar. Untuk proses cuttingnya, retusa bisa menggunakan pisau. Namun kebanyakan orang menggunakan tali karena retusa memiliki batang yang relatif lebih lunak. Mungkin selanjutnya saya bisa sharing mengenai Haworthia retusa.

Kurang lebih seperti itulah pengalaman yang ingin saya bagikan ke teman-teman sukulenters. Tips ini tidak saya anjurkan apabila sukulen teman-teman masih sehat dan dalam forma yang bagus. Namun tips ini bisa diterapkan apabila teman mengalami masalah pada haworthianya atau teman adalah seorang yang ingin mengembang biakkan sukulen. Semoga bermanfaat dan salam sukulenters. 

NB: Untuk penanaman, bisa dibaca pada post ini Cara Memperbanyak Sukulen dengan Cara Cutting. Caranya sama dan ini foto setelah 16 hari kemudian. Sudah mulai muncul akar kecil.

Akar baru
Akar baru

No comments:

Post a Comment